Senin, 15 Agustus 2011

Sudahkah Kita Sertakan Hati di Setiap Sholat Kita?


Rabbighfirlii
warhamnii
wajburnii
warfa’nii
wahdinii
wa’afinii
warzuqnii
------------------------------
Ya Allah ampunilah aku
kasihanilah aku
cukupkanlah aku
angkatlah derajatku
berilah aku petunjuk
jadikanlah aku sehat
 dan berilah rizki.
(HR Daud, Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Sepanjang hidup kita, sejak kita mulai bisa menjalankan sholat 5 waktu tanpa bolong-bolong hingga saat ini , sudahkah kita menyertakan hati kita di setiap sholat kita? Kalo sudah, seberapa seringkah hati kita hadir di setiap sholat kita sehingga khusyuklah sholat kita? Salah satu kunci agar sholat kita khusyuk adalah dengan mengetahui terjemah dari bacaan sholat yang kita baca. Bagi yang menguasai bahasa Arab, pasti akan mudah memahaminya. Namun, bagi yang tidak menguasai bahasa Arab [seperti aku :( ] kudu mau membaca dan memahami terjemahnya. Kalau kita mau memahaminya, ternyata subhanalloh...betapa dalam makna dari setiap bacaan tersebut. Dalam setiap bacaan terkandung doa yang sangat dalam maknanya kalau kita bisa meresapinya. Coba bacalah doa saat duduk di antara dua sujud, tiap kata tersebut adalah doa yang sungguh kita harap Alloh Mendengar dan Mengabulkannya. Sungguh beruntungnya kita jika ketujuh doa dari bacaan duduk diantara dua sujud tersebut dikabulkan oleh Alloh. Alloh akan mengampuni, mengasihi, mencukupi, mengangkat derajat, menunjuki jalan, memberi kesehatan dan memberi kita rizki. Subhanalloh...semoga kita termasuk orang-orang yang senantiasa menjaga kekhusyukan sholat kita agar kelak kita mewarisi surga Firdaus yang disediakan oleh Alloh bagi orang-orang yang khusyuk sholatnya dan senantiasa memelihara sholatnya [Q.S. Al-Mu'minun : 2 dan 9-11]. Aamiin...yaa Robbal 'alamiin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar