Sabtu, 04 Juni 2011

Muhasabahlah...

Dalam perjalanannya, dakwah dan jihad tidak selamanya lurus dan lempeng. Pasti selalu ada saja ujian yang menghadang. Dari ujian tersebut akan terlihat siapa pejuang yang "menang" dan siapa yang "kalah".  Mengapa mereka kalah? Ada banyak sebab pastinya, maka muhasabahlah untuk mengetahui sebab-sebab itu. Barangkali salah satu sebabnya adalah karena lemahnya ubudiyah para multazim, tidak konsistennya mereka dalam melakukan amal yaumi. Amal yaumi selayaknya rutinitas tanpa ruh saat melaksanakannya.
Seorang pengemban amanah dakwah dan jihad akan jauh dari penyakit futur ketika dia istiqomah dalam hal ubudiyah. Lemahnya ubudiyah menjadikannya tidak sabar terhadap ujian dan akan membuatnya kalah, semakin mundur jauh ke belakang dari jalan dakwah dan jihad.
Selain memperbaiki ubudiyah, penting bagi pengemban dakwah dan jihad untuk fokus dengan apa yang dia amalkan. Fokus pada amanah yang diembannya. Bukan malah sibuk dengan urusan duniawi. Tapi juga bukan berarti meninggalkan urusan dunia. Ambillah dunia tapi secukupnya saja. Perbaiki ubudiyah dan fokuslah dengan amalan, insyaAlloh akan menguatkan kita dalam mengemban amanah dakwah dan jihad hingga turun pertolongan Alloh yang akan memenangkan umat Islam.

1 komentar: