Jumat, 28 Oktober 2011

One Day One Juz



Semangat baca Al-Qur'an saat bulan romadhon dan di luar romadhon sungguh jauh berbeda. Kalo romadhon bisa sebulan khatam 1 atau 2 kali, di luar romadhon khatam sekali butuh waktu berbulan-bulan. Sekedar berbagi tips supaya istiqomah dalam tilawah Al-Qur'an. Caranya sangat mudah dan ringan. Bacalah satu lembar Al-Qur'an tiap selesai sholat fardhu.

  • 1 lembar tiap selesai solat
  • 5 lembar sehari
  • 1 juz 2 hari
  • 15 juz sebulan
  • 30 juz 2 bulan
  • 6 kali khatam dalam setahun
InsyaAlloh cara ini sangat mudah dan ringan. Luangkan waktu tiap ba'da sholat fardhu kira-kira 5 menit untuk membaca selembar Al-Qur'an maka kita bisa khatam tiap dua bulan. Kalo mau khatam tiap bulan, tiap harinya tambah 5 lembar seusai sholat qiyamul lail. So, setiap hari akan selesai 1 juz [one day one juz] dan sebulan kita akan khatam sekali. Yuk...kita coba!!!

4 komentar:

  1. benar juga, sekarang ada banyak gerakan yang menguji kekonsistenan kita, misalnya one shot a day, one post a day dan lain-lain.

    tapi tidak mudah dan jarang yang mau mencoba one juz a day atau setidaknya one verse a day :)

    BalasHapus
  2. betul, gak mudah mencoba one day one juz, minimal tiada hari tanpa baca Qur'an.

    BalasHapus
  3. kalo mau khatam dalam bulan ramadhan? :)

    BalasHapus
  4. kalo bulan ramadhan kudu khatam lebih dari sekali donk...minimal dua kali dech...caranya berarti sehari minimal 2,5 juz soalnya wanita kan mesti sebulan ada jatah libur. kalo sehari 2,5 juz berarti tiap abis solat minimal baca setengah juz. insyaAlloh ringan. yuk dicoba!

    BalasHapus