Senin, 21 Mei 2012

Keluarga Jangan Menjadi Penghalang

Pernikahan itu bukan hanya menyatukan dua manusia tetapi dua keluarga. Itu yang sering kita dengar dan itu tidaklah salah. Karena itu bukan sesuatu yang salah sehingga aku beberapa kali mendengar kasus gagalnya proses pernikahan karena ketidakcocokan di antara dua keluarga, bukan karena ketidakcocokan kedua manusia yang akan menikah tersebut. Ada yang karena background keluarga yang berbeda, ada yang karena orang tua si laki-laki gak sreg karena si calon mantu kurang cantik, ada yang karena orang tua si perempuan kurang sreg karena si calon mantu penghasilannya dianggap belum layak untuk menghidupi anak perempuannya nanti, dan masih banyak lagi alasan lain yang menjadikan keluarga sebagai penghalang sebuah pernikahan.

Untuk orang umum, alasan seperti itu mungkin wajar. Karena mereka belum punya visi misi yang jelas dalam keluarga mereka kelak, jadi ketika ada sedikit penghalang dari keluarga ya sudah proses menuju pernikahan berhenti begitu saja tanpa ada usaha untuk menjadikan penghalang itu menjadi bukan penghalang. Tetapi ada juga mereka yang berjuang agar faktor keluarga tidak menjadi penghalang dalam pernikahan mereka. Ketika orang umum bisa melakukan hal demikian, ikhwan akhwat yang menjumpai faktor keluarga menjadi kendala dalam proses pernikahannya, seharusnya bisa melakukan hal yang lebih dari mereka yang orang umum. Mengapa seharusnya demikian? Ya karena dalam pernikahan seorang ikhwan dan akhwat, mereka memiliki visi misi ke depan dalam rumah tangganya ingin membentuk keluarga ideologis, keluarga yang ingin tetap eksis dalam dakwah dan iqomatuddin sehingga tidak seharusnya sesuatu yang tidak prinsip yang muncul saat proses pernikahannya termasuk ketidakcocokan antar keluarga menjadi penghalang proses pernikahannya. Seorang ikhwan maupun akhwat perlu banyak bertanya dan belajar dari yang lain yang lebih berpengalaman dalam urusan ini. Itulah perlunya kita dekat dengan seorang mbak, kakak atau ummahat karena dari mereka kita bisa dapat banyak pengalaman hidup termasuk dalam hal proses pernikahan maupun rumah tangga.

Beberapa hal yang bisa aku ambil dari obrolan-obrolanku dengan beberapa orang yang aku dekat dengan mereka, ternyata melobi orang tua itu perlu strategi yang cantik. Sehingga hal-hal yang tidak prinsip tidak sampai menjadikannya gagal dalam proses pernikahannya. Ikhwan dan akhwat jangan terlalu lugu menceritakan semua hal tentang calon pendamping hidupnya maupun keluarganya pada orang tua. Bukan membohongi, tetapi ceritakan yang perlu diceritakan [kok kayak uya kuya, he..], yang sekiranya ketika diceritakan justru menjadi penghalang prosesnya lebih baik tidak diceritakan. Misalnya begini, ketika tahu ibu si ikhwan itu punya idealisme calon mantunya nanti kudu putih, cantik, kutilang [kurus tinggi langsing], namun si akhwat tidak 100% seperti yang diinginkan ibunya seharusnya si ikhwan dengan gaya diplomasinya cukup menceritakan kelebihan si akhwat yang menjadikan ibunya menerima dan gak perlu kekurangannya disampaikan secara detail. Misalnya lagi begini, ketika ortu si akhwat punya standart minimal penghasilan untuk calon mantunya, namun penghasilan si ikhwan masih jauh di bawah standart ortu, gak perlu si akhwat berterus terang pada ortunya berapa gaji calon suaminya, katakan saja insyaAlloh penghasilannya cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup. Pastinya dengan sebuah keyakinan bahwa Alloh itu Ar-Rozaq dan Alloh akan memudahkan rizki hambanya yang memiliki niat baik untuk berumah tangga, tapi tetep...ikhtiar juga kudu maksimal donk. Ada lagi cerita yang aku dapat dari seorang teman tentang proses seorang ikhwan dan akhwat yang background keluarganya bertolak belakang. Keluarga si ikhwan muhammadiyah banget dan keluarga si akhwat NU banget, tapi proses pernikahan berjalan dengan baik. Si akhwat gak perlu menceritakan kemuhammadiyahan keluarga si ikhwan pada ortunya dan si ikhwan gak perlu menceritakan keNUan keluarga si akhwat pada ortunya. Cukup saja katakan keluarga si ikhwan atau si akhwat adalah keluarga muslim. Bukan bohong kan? Tapi katakan saja yang perlu demi kemaslahatan.

Sebenernya itu masalah teknis saja, tetapi kadang hal seperti ini tidak begitu diperhatikan ikhwan maupun akhwat saat mereka sedang proses. Seharusnya jauh sebelum proses ikhwan dan akhwat sudah test case dulu dengan orang tua masing-masing, seperti apa mantu yang ortu mereka inginkan. Jadi, ketika sudah ada calon yang hendak dikenalkan dengan orang tua, mereka tahu mana yang perlu diceritakan dan mana yang tidak perlu. Sekali lagi, bukan membohongi ortu atau keluarga tapi hal ini untuk kemaslahatan ke depan, karena di balik pernikahan seorang ikhwan dan akhwat gak hanya sekedar menyatukan dua manusia atau dua keluarga tapi ada proyek dan amanah dakwah yang jauh lebih penting dan jangan sampai urusan teknis lobi orang tua yang kurang cantik menjadi penghalang berjalannya amanah dan proyek dakwah ke depan. Dan yang paling penting adalah selalu berdoa dan minta sama Alloh untuk diberikan yang terbaik...Ya Robb, i do hope the best from You.

4 komentar:

  1. Artikelnya bagus, izin copas y ukht, moga brmanfaat..

    BalasHapus
  2. monggo di-copas, jgn lupa cantumkan sumbernya :)
    aamminn...semoga bermanfaat buat yg lain jg.

    BalasHapus