Kamis, 13 Oktober 2011

Bola-bola Ubi alias Timus

 



Entah udah berapa bulan tergeletak beberapa buah ubi di dapur. Tetangga samping rumah yang ngasih, oleh-oleh dari luar kota katanya. Saking udah lamanya sampe bertunas tuh ubi.  Tadi pagi abis nganter mamah, aku mampir ke pasar. Tiba-tiba pengen ngolah ubi-ubi yang udah bertunas itu. Sebenernya bahan-bahan udah ada semua di rumah cuma kurang tepung kanji. Setelah beli sayuran yang mau dimasak, gak lupa aku beli 1/4 kg tepung kanji.


Sampai di rumah, setelah selesai masak sayur asem, sayur lodeh 'n goreng tahu telor aku garap tuh si ubi. Aku rubah ubi-ubi bertunas itu jadi makanan yummy "bola-bola ubi" alias "TIMUS". Ini nih bahan-bahan dan cara bikinnya:
Bahan : ubi, tepung kanji, gula pasir, coklat meisis, pewarna makanan, minyak goreng.
Cara bikin : kukus ubi sampe empuk. Hancurkan ubi sampe lembut. Tambahkan tepung kanji dan gula pasir. Adonan diuleni sampai kalis. Ambil satu sendok adonan, bentuk bulatan dan beri coklat meisis di dalamnya. Atau bentuk bulat memanjang seperti guling. Untuk variasi bisa diberi pewarna makanan. Goreng di dalam minyak panas hingga kecoklatan. Angkat dan hidangkan. 
Seumur hidup baru pernah aku liat timus warnanya ijo dan timus ijo itu adalah buatanku, hehehe. Silakan yang mau coba, bisa nyontek resepku. Tapi aku gak cantumin jumlah bahan yang digunakan karena aku juga pakenya ilmu kira-kira gak pake ditimbang 'n diukur. Yang penting uenak...Oiya, sepertinya kurang pas kalo namanya bola-bola, soalnya bentuknya gak beraturan, tapi ya sudahlah...apalah arti sebuah nama, he...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar