Jumat, 12 Agustus 2011

Kraca, si Keong yang Paling Terkenal Saat Romadhon

Pernah denger apa itu kraca? Kraca itu sejenis keong sawah, tapi beda dengan keong mas. Kalo keong mas katanya beracun tapi kalo kraca enggak. Malah jadi makanan khas di bulan Romadhon di daerah Purwokerto dan sekitarnya. Hampir di setiap pusat jajanan dan makanan yang digelar sore hari menjelang buka puasa, kraca lah yang paling terkenal. Kalo yang belum pernah nyoba pasti jijik mbayangin makan kraca, tapi kalo udah pernah nyoba, perasaan jijiknya ilang karena rasanya enak, kandungan proteinnya juga tinggi.

Tadi sore bada ashar aku nemenin mamah nengok temen yang lagi sakit dan dirawat di rumah sakit. Karena gak masak kami mampir di pasar sore di depan gang rumahku untuk beli lauk buat buka puasa. Dan salah satu yang aku beli adalah kraca. Dirumah cuma aku yang doyan kraca, jadi seumur-umur dirumah gak ada yang pernah masak kraca. Aku pun belum pernah nyoba masak kraca, kalo pengen tinggal beli aja, harganya sebungkus 200o rupiah. Katanya, masak kraca itu gak gampang. Kalo masaknya salah, rasanya pasti gak enak dan bau amisnya masih kecium. Katanya harus direndem dulu semaleman. Untuk ngilangin amisnya pas masak dikasih kunyit. Aku gak posting gimana cara masak kraca soalnya aku sendiri aja belum pernah masaknya.

Temen-temen yang udah pada nikah 'n merantau ke luar kota, beberapa ada yang bilang kangen sama kraca soalnya di tempat mereka gak ada yang jual. Kayaknya emang kraca cuma ada di Purwokerto dech. Kraca di Purwokerto jadi keong paling terkenal saat romadhon. Di luar romadhon yang jual kraca juga tetep ada sich, tapi cuma satu dua. Di pasar sore deket alun-alun Purwokerto ada penjual sayur yang tiap sore selalu menyediakan menu kraca, jadi sama orang-orang dipanggilnya "Pak Bambang Keong". Yang penasaran sama yang namanya kraca, yuk kerumahku tar tak belikan di tempatnya pak bambang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar