Minggu, 07 Agustus 2011

Es Pisang Ijo buat Buka Puasa, by Bulek Bertha

pisang ijo by bulek bertha
Aku punya seorang bulek [tante] yang asli Makasar, namanya bulek Bertha. Kebetulan hari ini rumah bulekku ketempatan arisan. Kalo di luar romadhon pasti banyak makanan dihidangkan kalo lagi arisan. Berhubung lagi bulan puasa jadi bulek mau bikin es pisang ijo buat ibu-ibu arisan untuk dibawa pulang. Semangat banget aku mbantu  bulek. Soalnya dari dulu pengeeen banget praktek bikin es pisang ijo belum kesampean padahal punya buku resepnya. Dapur bulek yang tadinya sepi berubah jadi rame karena aku dan ninda [sepupuku] yang mbantuin bikin pisang ijo.

Ternyata bahan maupun resep pisang ijonya bulek beda sama yang ada di buku resepku. Tapi aku gak meragukan kemampuannya, lha wong dia asli Makasar tempat si pisang ijo itu berasal kok. Nah sebelumnya siapin dulu ya bahan-bahannya:
Untuk kulit pisangnya: tepung terigu, sedikit santan, vanili, pewarna ijo alami [pandan], air, sedikit garam, pisang sebagai isian.
Untuk fla-nya: santan, gula pasir, vanili, tepung maizena, garam
Gini nich cara bikinnya:
1. Bikin adonan untuk kulit pisang. Campur tepung terigu, air, santan, vanila, garam, pewarna hijau sampai jadi adonan cair dan jangan terlalu kental.
adonan untuk kulit pisang ijo
2. Ambil adonan tadi sebanyak satu sendok sayur dan dadar di atas teflon yang sudah diolesi minyak. Balik dan angkat setelah matang
ninda lagi ngedadar adonan untuk kulit pisang ijo
dadar kulit pisang ijo
dadar kulit pisang ijo setengah matang
3. Siapkan pisang kepok yang sudah dikukus lalu kupas kulitnya
pisang kepok kukus
pisang kepok dikupas
 4. Gulung pisang dengan kulit yang tadi sudah didadar
pisang digulung kulit
 5. Potong-potong pisang sesuai selera
potongan pisang ijo
6. Untuk fla-nya: didihkan santan, gula pasir, garam, tepung maizena sampai mengental.
fla
 7. Siram pisang yang telah dipotong dengan fla dan tambahkan sirop cocopandan dan susu putih. jangan lupa tambahkan es serut supaya segar.
siap dihidangkan
8. Ini nich hasil karya ninda endut, pisang ijo tanpa pisang, hehehe....memanfaatkan sisa kulit dadar soalnya pisangnya udah abiz.
pisang ijo tanpa pisang by ninda
Sila coba di dapur kalian ya...aku juga besok-besok mau coba pake resep yang ada di bukuku. Kalo bulekku pakenya tepung terigu, kalo di buku resepku pakenya tepung beras dan gak pake didadar untuk bikin kulitnya. Mau coba dibandingkan mana yang lebih enak.
Oya, warga Purwokerto yang mau pesen hubungi emailku ya...himmah_aliyah86@yahoo.co.id. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar