Senin, 15 November 2010

Mau Sholat Idul Adha Selasa atau Rabu?


Happy Eid-ul Adha
Sejak kemaren banyak sms masuk dari temen2 'n adek2. Mereka nanya "yang bener Idul Adha nya Selasa apa Rabu sich?", trus "shoum arafah nya Senen or Selasa?". Hasil dari nanya2, browsing 'n diskusi sama yang lebih faham, ini nich jawabannya....

Idul Adha tahun ini dirayakan tidak serempak oleh umat Islam di Indonesia. Ada yang merayakan besok Selasa, 16 November ada yang Rabu, 17 November. Kalo yang lebaran hari Selasa ngikut madzhab wihdatul mathla' (rukyat internasional), jadi kalo salah satu negeri udah ada yang melihat hilal maka negeri yang lain mengikuti. Di Arab hari ini (Senin, 15 November) sudah tanggal 9 Dzulhijah, nah kita di Indonesia berarti hari ini shoum Arofah dan Selasanya Idul Adha.

Sedangkan yang lebaran hari Rabu ngikut madzhab ikhtilaful matholi' (rukyat lokal). Artinya tiap daerah menentukan sendiri kapan tanggal 1 Dzulhijjah dengan melihat hilal sehingga tiap daerah mungkin saja berbeda-beda. Mungkin di suatu daerah hilal sudah terlihat jelas sehingga esoknya masuk bulan berikutnya (Dzulhijah), mungkin juga di daerah lain hilal tidak terlihat sehingga digenapkan 30 hari. Nah kebetulan bulan Dzulqaidah tahun ini di Indonesia digenapkan 30 hari, jadi umat Islam Indonesia yang pakai madzhab ikhtilaful matholi', Idul Adhanya hari Rabu.

Mau shoum Arafah hari Senin or Selasa. Mau sholat Idul Adha hari Selasa or Rabu, monggo saja...masing-masing ada hujahnya. Itu adalah ikhtilaf yang diperbolehkan. Asalkan jangan shoum Arafah hari Senin tapi Idul Adhanya hari Rabu. So, Met Idul Adha teman...Wish you and your family a very happy Idul Adha.


1 komentar:

  1. ok. bagus. ijtihad tidak akan rusak oleh ijtihad. jikalau ijtihad itu salah maka pahalanya satu. jikalau ijtihad itu benar maka pahalanya 2. mudah2 han amalan kita diterima Allah swt.

    BalasHapus