Kamis, 18 November 2010

The Karate Kid

Dre and Mr Han


Udah lama gak ke warnet, tadi siang karena butuh download dan koneksi internet di rumah "LOading LAmbat" akhirnya ke warnet juga dech. Ke warnet langganan jaman dulu pas di rumah belum ada internet. Boros juga nih kalo harus ke warnet terus, gak sampe 2 jam di warnet keluar duit hampir 10 ribu.


Buka-buka "folder film" di drive D komputer warnet, nemu buanyak banget film. Dari sekian banyak film, aku save 2 film. Yang pertama film yang aku dah lama cari, Karate Kid. Yang kedua film yang udah sering diputer di stasiun tivi kalo pas libur hari besar Islam, Children of Heaven. Barusan aku nonton Karate Kid, gak nyesel pokoknya. Walaupun ceritanya mudah ditebak tapi menurutku menarik untuk ditonton.


Dre Parker, yang diperankan oleh Jaden Smith, seorang anak usia 12 tahun yang harus mengikuti ibunya, Mrs. Parker pindah dari Detroit (sebuah kota di USA) ke China. Dia sangat benci harus tinggal di Cina. Tempat yang sangat asing baginya. Dia tampak paling aneh di antara teman-teman barunya di sekolah, karena warna kulitnya yang hitam dan rambut gimbalnya yang dikepang. Model rambut Jaden Smith di Karate Kid sedikit berbeda dengan model rambutnya saat berperan di film The Day The Earth Stood Still yang dibiarkan terurai tanpa dikepang.



Hari pertama di sekolah dia sudah bermasalah dengan segerombolan temannya yang jago bermain Kung Fu. Dia sangat takut dengan gerombolan tersebut dan selalu menghindar jika bertemu mereka, terutama pada ketua gerombolan tersebut, anak yang paling jago kung fu. Sebenarnya dia tidak mau memiliki rasa takut ini dan sangat ingin melawan mereka. Suatu hari dengan sengaja Dre menyiram gerombolan itu dengan air kotor. Mereka sangat marah dan terjadilah adegan saling  mengejar. Hingga Dre terpojok dan dikeroyok oleh gerombolan itu hingga terluka. Datanglah Mr. Han yang diperankan oleh Jackie Chan, menolong Dre.


Pertemuan itu merupakan awal dari kisah guru dan murid Kung Fu ini. Setelah pertemuan itu hampir setiap hari Dre datang ke rumah Mr Han untuk belajar Kung Fu. Hubungan mereka semakin dekat seperti layaknya sahabat. Kemampuan Dre dalam belajar Kung Fu sangat baik. Tidak lama dia sudah menguasai jurus-jurus yang Mr Han ajarkan. Hingga suatu hari, diselenggarakan sebuah kompetisi Kung Fu. Singkat cerita Dre masuk final berhadapan dengan ketua gerombolan yang sangat membenci Dre di sekolah. Saat final, kondisi fisik Dre sangat lemah karena kakinya sengaja dilukai oleh teman seperguruan lawan finalnya saat semi final. Dengan kaki yang terlihat pincang adegan Kung Fu antara Dre dan lawannya (lupa namanya) di babak final sangat menegangkan. Dan pasti lah Dre pemenangnya dengan skor akhir 3-2.


Dalam dialog film ini disebutkan istilah Kung Fu tapi kok judulnya Karate ya?? (lho kok malah nanya..) Kalo aku disuruh kasih judul aku kasih judul The Kung Fu Kid bukan The Karate Kid. Eh, tar kalo judulnya The Kung Fu Kid malah saingan sama Kung Fu Panda ya?? Yang belum nonton, buruan nonton...bagus juga buat anak-anak. Mereka akan belajar gimana mengalahkan ketakutan yang ada dalam diri mereka. Dan membuat anak-anak yakin akan kemampuan diri mereka. Sesuatu yang sulit akan bisa mereka dapat dengan latihan dan bersabar. Tapi kalo anak-anak yang nonton, tolong kakak, tante, om, ibu atau ayahnya mendampingi ya. Soalnya banyak adegan kekerasannya, lha judulnya aja ada kata Karate nya, pasti adegannya juga banyak berantemnya.


Penasaran?? Buruan tonton!!!

2 komentar:

  1. Salam kenal juga Mbak ;)

    Baru ngeh, itu Jaden anaknya Will Smith ya ternyata?

    BalasHapus
  2. iya bener, anaknya Will Smith. agak mirip kan? tapi lebih imut si Jaden

    BalasHapus