Jumat, 26 November 2010

Tertarik Juga Belajar Photoshop

Siapa sich yang gak kenal sama yang namanya photoshop (bukan sotosop lho...). Software untuk ngedit gambar dan bikin efek-efek pada gambar sehingga gambarnya jadi lebih menarik dari gambar aslinya. Yang jerawatan jadi mulus wajahnya, yang item jadi putih. Itu salah satu contoh paling simpel dari photoshop yang baru aku coba2 lewat tutorial tapi belum bisa-bisa (payah banget...). Kemaren, berawal dari kepepet disuruh mamah, aku jadi buka program photoshop di laptop. Pagi-pagi disuruh mamah cetak foto. Adanya File foto berwarna tapi kata mamah "ini dicetak hitam putih ya, tar siang kudu jadi".


Orang awam begini ngubah foto warna jadi hitam putih aja gak ngerti. Pertama aku coba edit pake microsoft office picture manager. Hasilnya, kagak bisa. Trus inget masku kayaknya dulu pernah nyimpen software photoshop di laptopku (eh, laptop mamah denk...belum mampu beli laptop sendiri,he...). Ku sms dia dimana dia simpen file itu, untungnya masih ada. Berbekal software portable photoshop masku yang masih tersimpan di laptopku, aku coba utak-utik dan gak bisa-bisa juga (kasian...). Akhirnya kubuka google dan kutulis keyword "edit foto warna menjadi hitam putih". Satu hasil pencarian yang kuanggap paling cocok dengan yang aku maksud langsung aku klik dan aku baca, dan ternyata untuk mengubah foto warna menjadi hitam putih sangat sangat sangalah mudah....haduw....betapa katroknya aku, ternyata cukup klik file --> open, trus pencet shift+ctrl+U secara bersamaan. Gak nyampe 5 detik, taraaaaa......jadi deh. Ini nih hasilnya (ih, gitu aja dibanggain...he...)

Sebelum
Sesudah
Eh, ganteng ya fotonya??? ("jawab: iyya ganteng", hehehe....maksa). Nah, berawal dari situ jadi mulai tertarik untuk belajar tentang photoshop. Bener-bener beginner nich. Mulai browsing tutorial dan coba utak-atik. Ini nih karya keduaku, aku coba bikin efek zoom. Tutorialnya liat di sumber aslinya aja ya, buka aja http://www.belajardesaingrafis.com/tutorial-photoshop/efek-zoom-foto-luna-maya . Aku coba edit foto anak tetangga (nama dia bagus lho, Zakia Fatimah Azhar, sekarang kelas 4 SD). Ini foto dia waktu wisuda TPQ. Wah, kalau ketauan fotonya terpampang marah gak ya si Kia (maaf ya Kia...^_^, kamu imut dech....hihihi).
Sebelum
Sesudah
Dua tutorial yang udah kucoba, mengubah foto warna menjadi hitam putih dan membuat efeek zoom. Ya walaupun hasilnya biasa2 aja, tapi lumayan lah...setidaknya jadi kenal sama photoshop dan akhirnya tertarik juga belajar photoshop. Dari dulu males belajar photoshop soalnya aku kira susah. Tapi nek mau nyoba yo pasti bisa kok, asal telaten aja. Berikutnya aku mau coba dan coba lagi tutorial photoshopnya. One day I will be an expert in photoshop dan suatu saat nanti aku akan mahir masak sotosop (hehe...gak nyambung babar blas...). Never stop to learn and practice.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar