Jumat, 29 Oktober 2010

Naksir sama Sanggojae


Belum lama kemarin, di salah satu stasiun televisi swasta diputar drama Korea yang judul Personal Taste. Yang menarik dari drama tersebut adalah salah satu setting tempatnya yaitu di sebuah rumah tradisional Korea, yang diberi nama Sanggojae, yang artinya tempat membagi kebahagiaan.

Kalo digambarkan, rumah Sanggojae itu rumah yang materi utamanya terbuat dari kayu, tiang penyangganya dari kayu, lantainya ubin, batas antar ruangan juga dari kayu dan bahan semacam kertas. Bangunan dibuat lebih tinggi dari tanah tapi gak setinggi rumah panggung. Ada ruang-ruang yang tidak menyatu dengan rumah utama. Yang paling unik dari rumah Sanggojae adalah kursi dan meja tamunya yang sengaja dibuat lebih rendah dari lantai (kalo yang belum pernah liat mesti bingung ngebayanginnya).

Tapi ada yang gak pas kalau mau mbikin rumah yang konsepnya mirip dengan Sanggojae di lingkungan tempat tinggalku sekarang . Kesan yang terlihat dari rumah Sanggojae adalah tertutup dan tidak bersahabat karena rumah dikelilingi tembok yang tinggi dan cuma ada 1 pintu untuk akses keluar masuk yang ukurannya kecil dan selalu tertutup. Beda banget dengan rumah-rumah di Indonesia yang open. Perlu ada penyesuaian untuk membuat rumah yang konsepnya mirip rumah Sanggojae di lingkungan tempat tinggalku sekarang.

Kalo ada yang penasaran kayak apa rumah Sanggojae, ini ada gambar-gambar yang aku ambil dari drama Korea yang judulnya Personal Taste

Sanggojae terlihat dari atas
Pintu depan Sanggojae
Sanggojae terbuat dari kayu
Meja dan kursi tamu Sanggojae
Kamar Park Gae In
Sanggojae tampak dari depan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar