Sabtu, 09 Juni 2012

My First Kyaraben or Bento

our first bento
preparation
whose face is it ^_^ 
frog
baby bear
Setelah sekian lama penasaran dengan yang namanya kyaraben atau bento, akhirnya kesampaian juga praktek bikin bento. Bareng seorang teman dan baby kecilnya Haidar, kita bertiga memporak porandakan dapur dan berkreasi menghasilkan 3 box bento yang imoet abis sampe sayang banget waktu mau memakannya. Ternyata bikin bento itu simple, baik cara maupun bahannya asal kita kreatif. Gak perlu beli alat mahal-mahal yang ada di toko. Manfaatkan saja alat-alat yang ada di rumah untuk membuat karakter-karakter yang lucu-lucu, sesuai imaginasi kita. Kalo bingung  mau bikin karakter kaya gimana, bisa browsing di internet untuk membuat karakter yang unyu-unyu. Nich ada seorang ibu yang hobby ngebento dan kita bisa belajar ngebento dari website dia di  http://www.mybentolicious.com/ . Yah walopun bento ku gak sekeren yang ada di websitu itu tapi untuk karya perdana lumayan keren lah. Aku kasi tau nich bahan-bahan dan cara mbikinnya:

Bahan-bahan:
- Nasi kuning dan nasi putih.[bisa juga diganti nasi goreng, nasi beras merah atau sesuai selera yang penting ada kombinasi warna biar menarik]
- Telur dan tepung terigu untuk membuat sushi. 
- Sayuran untuk ditumis [brokoli, wortel, jagung pipil] dan untuk menghias [selada, tomat, wortel, timun]
- Sosis untuk isian sushi dan untuk menghias
- Bumbu dapur yang dibutuhkan : bawang merah, bawang putih, merica, garam, gula
- Minyak sayur dan margarin untuk menggoreng dan menumis
- Selain bahan-bahan, siapkan juga kotak makan. Jangan yang terlalu kecil agar mudah menatanya dan jangan yang terlalu tinggi.

Cara membuat:
- Masak nasi terlebih dahulu. Bisa donk masak nasi??? Kalo nasi kuning tinggal ditambah santan, kunyit, garam dan daun salam.
- Tumis sayuran. Potong-potong brokoli dan wortel dan jagung dipipil. Haluskan bawang merah dan bawang putih. Panaskan minyak lalu tumis bumbu sampai harum. Masukkan sayuran. Tambahkan garam, gula dan merica bubuk. Tambahkan sedikit air dan masak sampai matang. Jangan terlalu matang supaya warna sayurnya tetap terlihat segar.
- Bikin sushi sosis. Untuk bikin sushi sosisnya bisa diikutin stepnya di sini
- Potong-potong sosis sesuai kebutuhan. Bentuk bunga, bulat, panjang, bentuk mulut atau bentuk yang lain sesuai kebutuhan lalu goreng sampai matang
- Siapkan sayur untuk menghias : tomat, timun, selada, wortel
- Siapkan kotak makan
- Mulailah menata bahan-bahan menjadi karakter lucu yang kita inginkan.

Selamat mecoba dan berkreasi yach ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar