Sabtu, 12 Maret 2011

Memecah Rekor Naik Bus 7 Jam Purwokerto to Brebes

Tepat sepekan yang lalu aku dan seorang temanku memecahkan rekor. Hwaaa, rekor apaan tuh? Naik bus dari Purwokerto ke Brebes makan waktu 7 jam atau 14 jam bolak-balik. Ke Brebes kok lamanya kayak ke Jakarta aja. Seorang temenku di Brebes sms mengundang aku dan seorang temenku ke sebuah acara. Jum'at pagi aku udah packing soalnya bawaan lumayan banyak soalnya mau nginep. Sekitar jam 7 pagi aku buka google buzz ku. Ternyata temenku yang abis baca detik news , kasih kabar lewat buzz kalo jalan Purwokerto-Bumiayu putus karena beberapa puluh meter jalan raya di Bumiayu ambles. Wah aku langsung hubungi temenku yang di Brebes, apakah bener kalo jalan putus. Setelah dia cari-cari info, dia bilang kalo bener jalan ambles tapi jalan dialihkan jadi gak masalah.


Berbekal sms temenku tadi, bismillah...siap berangkat ke Brebes. Jam 14.30 berangkat dari rumah naik motor grand ku (eh, motor ortu denk...) menuju terminal bus. Sampai di terminal langsung menuju tempat penitipan motor. Setelah bayar parkir 3000 rupiah, aku dan temenku menuju tempat tunggu. Bus-bus berjajar rapi. Para calo bergantian menawarkan bus ke berbagai tujuan. Setelah kami bilang mau ke Tegal (soalnya gak ada bus yang langsung ke Brebes), seorang kenek mengantar kami ke bus yang jurusan Tegal. Sebelum naik, aku memastikan apakah benar bus bisa sampai ke Tegal. Orang itu bilang "kalo jalan memungkinkan untuk dilewati, nanti kita lewati mba...tapi kalo gak memungkinkan nanti mba nya turun di karang sawah trus naik angkot trus nyambung lagi bus yang ke Tegal". Setelah memastikan kami bisa sampai Tegal dengan bus itu, kami pun naik dan ngambil tempat duduk yang seat 2-2. Bus berangkat sekitar jam 15.00.

Sepanjang perjalanan berangkat kami ngobrol ngalor ngidul ngetan ngulon (istilah asing, hehehe...). Kami berdua lupa belum menjama' sholat duhur dan asar, akhirnya kami solat asar di atas bus dengan tayamum terlebih dahulu. Baru setengah perjalanan, bus berhenti dan ternyata bus nya gak mau ngelewatin jalan yang ambles. Memang kalo nekad sich bisa aja soalnya jalan tetep dibuka tapi satu jalur alias sistem buka tutup. Turunlah semua penumpang. Karena baru separoh jalan, kami cuma bayar 20 ribu. Aku liat jam di hp ku, ternyata udah jam 5 sore dan udah gak ada angkot yang nganter penumpang sampai ke tempat yang ada bus menuju Tegal. Beberapa menit menunggu, gak muncul juga angkotnya. Kata orang-orang angkotnya udah gak ada dan harus naik ojeg. Oh tidak bisa...mosok naik ojeg. Sempet terpikir kami nyewa 2 ojeg, tapi kami naik satu motor dan 2 tukang ojeg naik motor yang lain. Tapi alhamdulillah, ada mobil omprengan yang nawarin jasa angkut sampai tempat tunggu bus dengan ongkos 2o ribu.


Menjelang magrib kami menemukan bus yang menuju Tegal dan itu baru separoh perjalanan. Bus kedua yang kami naiki, supirnya nekad ngelewatin jalan yang ambles. Pak Sopir cerita ke temennya kalo dia berangkat dari terminal Purwokerto jam 9 pagi. Wow...7 jam dari Purwokerto baru nyampe Bumiayu. Di atas bus kami ngeliat ke depan dan ke belakang puluhan bus, truk, tronton ngantri di jalanan bermacet-macet ria. Subhanalloh...jarak yang pendek harus ditempuh dalam waktu yang sangat panjang. Kami sampai di terminal Tegal sekitar jam 21.30 dengan mengeluarkan ongkos 20 ribu lagi. Kalau berjalan sesuatu rencana, kami bisa sampai terminal Tegal menjelang magrib. Karena aat itu sudah terlalu larut, udah gak ada mini bus yang ke Brebes. Ngojeg?? Oh tidak...seumur-umur belum pernah dech ngojeg dan gak bakal mau ngojeg. Akhirnya nawar-nawar taksi, pak supir mau ngater kami sampai alun-alun Brebes dengan ongkos 40 ribu. Purwokerto-Brebes di tempuh 7 jam keluar kocek 100 ribu. Sampai di alun-alun Brebes, ada temen-temen yang mau njemput. Karena mereka belum dateng, kami masuk masjid agung Brebes untuk sholat jama' magrib isya. Setelah sholat kami keluar, dan sudah ditunggu oleh temen yang njemput. Kami langsung meluncur ke lokasi tempat kami nginep, gak jauh dari alun-alun.


Kira-kira jam 10 kami sampai di tempat nginep. Wah ketemu temen kami tercinta. Hihihi...aku kaget, subhanalloh sebulan lagi dia akan dipanggil "umi". Karena lama gak ketemu, kita ngobrol seru sampe kurang lebih jam 1 malam. Oiya, tadi sesampaianya di tempat nginep, kami "disuguh" teh anget 'n makan malem lauknya telor dadar. Nikmaaat banget...soalnya tadi waktu berangkat belum maem siang, hehehe....


Esok paginya, setelah sarapan pagi, acara dimulai jam 7 dan selesai duhur. Setelah sholat duhur dan makan siang, kira-kira jam 13.30  kami pamit pulang. Kalian tau oleh-oleh khas Brebes? Yak bener, telor asin. Kami pulang dapet oleh-oleh dua besek telor asin. Untuk menghindari macet seperti waktu berangkat, kami memutuskan untuk pulang lewat Pemalang. Wow...kami akan berputar-putar. Kami prediksikan sebelum magrib kami sampai rumah. Tapi Alloh berkehendak lain, ternyata karena banyak bus dari Jakarta dan mobil-mobil pribadi yang menuju Purwokerto tapi juga dialihkan jalannya lewat Pemalang, jalanpun macet. Kami sampai rumah jam 9 malem. MasyaAlloh...berangkat 7 jam, pulang juga 7 jam. Tapi alhamdulillah pulang selamat sampai rumah ketemu lagi sama mamah papah. Setibanya di rumah, langsung curhat tentang perjalanan kami yang luar bisa ini. InsyaAlloh meskipun lumayan capek, semoga perjalanan kami diridloi oleh Alloh dan memberi manfaat untuk yang lain.


Enjoyed the trip on 14 hours : Purwokerto --> Tegal --> Brebes --> Tegal --> Pemalang --> Purbalingga --> Purwokerto

3 komentar:

  1. duuh berarti ntar balik ke jakarta gmana yaa???? apa ada saran klw make bis???

    BalasHapus
  2. kayaknya bisa lewat lumbir deh, coba pake bus yang lewat lumbir. tapi jalannya berkelok-kelok.

    BalasHapus
  3. kira-kira tegal-purwokerto jaraknya brp jm yah>>>

    BalasHapus