Jumat, 11 Maret 2011

Laptopku Opname

Laptopku 4 hari gak enak badan karena serangan virus. Entah virus apa namanya, aku lupa. Baru pertama kali sejak hampir dua tahun bersamaku, dia kena virus. Pembawa virus itu adalah flashdisk temanku. Pagi-pagi dia sms katanya mau ikutan ngeprin di rumah. Sesaat setelah flashdisk dia sambungin ke laptop, terdengar bunyi peringatan dari kaspersky-ku yang nge-detect virus. Emang siy...belum aku update antivirusnya. Wah beneran ratusan virus terdetect. Virus nyerang drive C, waduh kena virus dech drive C nya. Untung semua data aku save di drive D 'n E. Laptop yang udah eror itu aku shutdown. Waktu aku nyalain lagi, muncul permintaan password untuk log in. Padahal aku gak pernah nyetting password. Password apa aja udah aku coba tetep gak bisa log in. 

Wah jan...aku yang gaptek gini bingung dech laptop kena virus. Masku yang biasa ngurusin laptopku, dia sekarang di luar kota. Esok paginya, aku bawa laptopku ke adek sepupuku yang rumahnya di depan rumahku persis. Dia bilang "diinstal ulang aja mba...". Kalo mau instal ulang mesti pake cd room. Laptop miniku gak dilengkapi cd room dan aku belum punya cd room eksternal. So, pagi-pagi cari pinjeman cd room eksternal. Alhamdulillah langsung dapet pinjeman. Langsung aku kasih ke sepupuku lengkap sama cd buat instal windows 'n cd drivernya. Udah tak kasih sejak pagi ternyata gak digarap-garap juga. Baru malemnya dia garap. Windows udah berhasil diinstal ulang. Tinggal cd driver axio-nya. Dicoba-coba eh gak bisa-bisa, ternyata cd drivernya rusak. Huuuh...

Esok paginya lagi, muter-muter cari pinjeman cd driver ke temen2. Ternyata gak ada yang punya. Gak kepikir untuk download drivernya, lagian males harus ke warnet, aku langsung bawa laptop ke toko tempat aku beli laptop dulu. Kata mas-mas yang jaga, cd driver punya tokonya juga rusak, kudu cari download-an nya dulu, jadi dia bilang "gak bisa cepet mba, paling jadinya sore atau besok mba". Ya udah dech, aku tinggal laptopku.

Besoknya aku dateng lagi, kata mba-mba yang ngelayanin customer "lagi digarap mba, bentar lagi selesai, mau ditunggu apa ditinggal?". Karena aku buru-buru, kutinggal aja dech. 2 jam kemudian setelah urusanku selesai, aku dateng lagi. Alhamdulillah udah jadi...aku nyalain and it works again (senengnya...) Setelah aku cek, kukemasi dan kumasukkan laptop n charger ke dalam tasku, kutanya sama mba' nya "berapa mba?". Dia jawab "bawa aja mba...". Horai...kudapatkan laptopku kembali dan sudah terbebas dari virus dan sehat lagi tanpa keluar duit. Pulang-pulang sesampainya di rumah langsung aku instal program-program yang udah ilang semua kena virus dan siap pakai lagi. Harus segera digunakan untuk nyelesein thesis. Semangat!! Bulan Juni 2011 semoga lulus, aamiin.

Pelajaran hari ini: jangan sembarangan masukin flashdisk bervirus ke laptop temen ya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar