Kamis, 02 Desember 2010

Antivirus Kasperskyku Update Juga

my Kaspersky is up to date
Udah berbulan-bulan antivirus dilaptopku gak update. Kenapa? Sejak dibelikan laptop sama mamah, aku gak pernah ngurusi antivirus karena ada kakak yang rajin meng-update dan aku males ngurusin gituan (bilang aja gak mudeng...he...). Sejak beberapa bulan yang lalu kakak harus tinggal di luar kota. Karena kakak gak di rumah otomatis antivirus Kaspersky yang ada di laptopku dibiarkan begitu saja. Padahal sudah lama out of date. Dulu sebelum kakak keluar kota aku udah dibikinin tutorial cara update Kaspersky yang sengaja dibikin lengkap dan detail supaya aku gak bingung (soalnya kakak ngerti aku gak mudengan masalah beginian,he...). Saking ngertinya kalau aku tuh gak mudeng sama masalah ginian, di akhir tutorial yang dia bikin, dia tulis gini nih "WIS GENAH URUNG>>>>>>>> NEK URUNG KEBANGETENNNNNNNNNNNN"



Dan ternyata bener, dulu dan kemaren-kemaren udah beberapa kali nyoba gak bisa-bisa. Tadi nyoba lagi, awalnya pun gak bisa. Gak cukup bermodal tutorial yang kakakku bikin, akupun harus sms berulang-ulang ke kakak, tentang ini dan itu. Akhirnya, taraaaa sukses juga instal new key dan update database-nya. Sampai di layar muncul tulisan "Your computer is protected". Gimana caranya aku ngupdate? Follow this instructions...
  1. Kebetulan selain database nya yang gak update, activation key-nya juga udah expired. Jadi sebelum update database kudu di renew dulu key-nya.
  2. Untuk me-renew activation key-nya, harus download dulu newest key-nya. Kata kakak-ku dia biasa download key Kaspersky di www.kotakalong.com. Setelah browsing ketemu juga key-nya di http://kotakalong.com/category/keypatchcrack . Eh, di situ bisa juga download macem2, ada film, game, software, dll. Coba aja deh buka sendiri.
  3. Key yang udah didownload kan masih dalam bentuk rar. Extract dulu file rar nya biar bisa dipake.
  4. Selain download activation key, download juga database-nya. Untuk database bisa didownload di downloads.kaspersky-labs.com/zips/. Di situ ada beberapa file, yang didownload yang cumul dan daily aja. File yang cumul lumayan gede, hampir 100 MB. Untuk download yang cumul entah udah berapa kali aku gagal, sepuluh kali lebih kayaknya. Berhubung filenya lumayan gede, waktu downloadnya pun luamaaaa....banget. Udah gitu koneksi internet yang gak OK, bikin download gagal-gagal terus. Tiap mau complete...dan koneksi lagi jelek...akhirnya gagal dech. Itu terjadi berulang-ulang sampe BeTe aku download. Nah mumpung awal bulan, koneksi internet lumayan cepet (dirumah pake modem diisi kartu HALO, pake telkomselflash paket corporate ...koneksi nyacepet cuma di awal bulan sebelum mencapai 800-an MB. Kalo udah lebih dari 800 MB, masyaAlloh lola-nya...curhat.com, hehehe...).
  5. Eh, sampe mana tadi...Oya, kalo file database cumul dan daily-nya udah didownload, itu kan formatnya masih rar, sekarang di extract dulu.
  6. Nah, berarti sekarang udah ada 3 file untuk menyelesaikan update Kaspersky-nya. Satu file untuk me-renew key, dua file untuk update database, ada yang cumul dan ada yang daily.
  7. Untuk memulai update, kalo activation key-nya expired, di renew dulu key-nya. Buka taskbar Kaspersky, di kanan bawah.
  8. Pilih menu activation, delete dulu key yang udah diblacklist.
  9. Kalau key lama udah didelete, trus instal new key. Trus pilih "apply existing license key". Browse di folder tempat file yang tadi kita download sudah disimpan. Karena aku pake Kaspersky 7, cari key yang KIS7. Disitu banyak key KIS7 nya, pilih-pilih aja yang belum expire. Kalau install key sukses akan muncul "installed keys" dan ada remain day nya. Key yang baru aku instal tertulis 58 days remain. lumayan masih agak lama jadi gak usah cari-cari key untuk 2 bulan.
  10. Nah, kalau key yang baru udah terinstal, sekarang tinggal update database. Klik bagian update. Trus pilih setting, source yang udah gak kepake didelete aja diganti source yang baru. Klik add terus select folder tempat kita save file cumul yang udah kita download dan extract. Terus klik OK dan klik update database. Tunggu sampe update complete 100%.
  11. Setelah yang cumul update sekarang update yang daily, langkahnya sama. Klik menu update-->setting-->delete source lama ganti dengan source baru-->OK
  12. Terakhir kuucapkan "antivirus Kasperskyku update juga", hehe....Dan ternyata AKU BISA (ihhh...gitu aja pamer.... :))
Kenapa aku posting tutorial ini yang untuk banyak orang mungkin sangat tidak penting. Alasannya adalah karena aku itu pelupa. Kalau diposting gini kan jadi inget terus. Barangkali, juga ada yang bingung kan bisa bermanfaat buat orang lain. OK, intinya just want to share. Yang masih bingung mau pake antivirus apa atau antivirus yang selama ini gak OK, aku saranin pake Kaspersky aja dech...alhamdulillah selama pakai Kaspersky laptop belum pernah mengalami gangguan berarti karena virus-virus nakal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar