Minggu, 11 November 2012

Cara Root LG Optimus L3 E400 dan Memindahkan Aplikasi ke Memori Internal

LG Optimus L3 E400 ini HP android keduaku, setelah Samsung Galaxy Young yang aku jual karena suka nge-hang akibat bolak-balik kebanting dan karena memori sistemnya kecil serta gak ada memori internalnya. Waktu aku jual galyoungku, niatnya mau kutuker dengan galaxy pocket yang lebih kecil dan harga lebih murah. Tapi sama penjualnya ditawarin LG E400 ini, dan akhirnya pilih ini karena aku pikir memori internalnya gede 1 GB. Setelah aku bawa pulang ini HP, mulai dech instal ini itu. Tau-tau kok ada notif memori internal full. Lhoooo...bukannya memori internalnya 1 GB kok cepet banget penuh padahal baru beberapa aplikasi yang aku instal. Ternyata eh ternyata aku belum mudeng. 1 GB itu memori internalnya bukan memori sistem. Memori sistemnya tetep aja kecil kaya galyoung. Yaaaah...sama aja dech, hmm sempet nyesel beli HP ini.

Karena gak nyaman bolak-balik muncul notif memori full, aku cari tau biar gak begini terus. Aku nemu Official Lounge LG Optimus L3 E400 dan group eltiga di fb. Aku baca-baca akhirnya nemu caranya di sini dan di sini. Tapi beberapa kali aku coba nge-root gak bisa-bisa. Ternyata aku salah. Dulu pas nge-root galyoung, step by step dalam proses nge-root itu dilakukan di HP, tapi kalo nge-root LG E400 ini dilakukan di PC. Aku coba di HP entah udah beberapa kali tetep aja gak bisa. Eh tadi sore kok rada mikir [biasanya gak suka mikir urusan begini] mungkin seharusnya lewat PC bukan HP. Eh....setelah dicoba, taraaaaaa berhasil!!! My LG E400 is rooted [liat gambar robot ijo yang dilingkari merah, itu tanda HP sudah diroot].
Gimana cara nge-root dan mindah aplikasi ke internal memori, follow these steps, tapi sebelumnya siapin dulu bahan-bahan buat nge-root. Apa aja bahannya?


  1. Root tool. Karena aku pakai windows, aku cuma punya bahan yang untuk windows. Sila download di http://www.4shared.com/zip/47ZF9t1u/LG_Optimus_L3_Root_Tool.html?.
  2. USB driver. Sila download di http://www.lg.com/uk/support-mobile/lg-E400. Di halaman ini klik bagian PC Sync dan download di LG PC Suite. Liat screenshoot di bawah ini!
Setelah bahan didapat, ekstrak file root tool nya dan instal USB drivernya. Setelah file root tool nya diekstrak dan USB drivernya diinstal, ikuti langkah ini:

  1. Sambungkan HP ke PC dengan kabel USB
  2. Setelah kedetect, ubah jenis koneksi USB menjadi "jaringan lunak PC"
  3. Nyalakan USB debugging. Pilih pengaturan-->apliksi-->pengembangan-->perunutan USB/USB debugging
  4. Buka file root yang tadi udah diekstrak. Ingat bukanya di PC bukan di HP. Berulang-ulang aku salah karena bukanya di HP soalnya dulu pas rooting gal young lewatnya HP bukan PC.
  5. Klik fil "run.bat" [tanpa tanda petik]
  6. Ikuti petunjuk dan tunggu proses rooting, gak nyampe 5 menit selesai.
  7. Kalo proses rooting berhasil akan muncul aplikasi superuser yang gambarnya robot ijo.
Nah setelah proses root selesai tinggal mindahin applikasi yang ada di memori sistem ke memori internal. Caranya gampang banget.

  1. Cari aplikasi "install manager" di google play store lalu instal
  2. Jangan lupa nyalain USB debugging nya. Caranya sama kaya pas nge-root
  3. Buka aplikasi "install manager" dan sila pindah semua aplikasi dari memori sistem ke memori internal.
Setelah aku pindahin, memori sistem yang tadinya cuma 15 MB bisa lebih lega jadi 51 MB. Oke, itu hasil oprek-oprek ku hari ini. Maklum aku masih sangat pemula jadi baru bisa nge-root aja. Tapi aku yakin banyak yang butuh info ini jadi gak ada salahnya aku posting di blog. Sebenernya pengen belajar lebih banyak lagi, tapi gak ada pemandunya, gak mau nanggung resiko kalo HP nya kenapa-kenapa. Kalo liat obrolan di group eltiga suka bingung, apa sebenernya yang mereka omongin. Tapi ya gak papa, paling tidak aku jadi tau info-info perkembangan dunia eltiga walaupun belum berani coba. Untuk lebih detail dan lengkapnya tanya mastah-mastah di official loung LG Optimus L3 E 400 atau di fb group eltiga. Besok-besok kalo memori internalnya juga udah penuh, tinggal cari tau cara mindahin aplikasi ke sdcard. Udah ngantuk nich, sekian dulu dan salam eltiga!!!

157 komentar:

  1. pantesan LG gue memorinye penuh melulu

    BalasHapus
  2. tapi setelah diroot dan aplikasi dipindah ke internal bisa bikin lega memori sistemnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi kok pas di run.bat kan suruh pencet tombol yang mana aja.. pas gue pencet bacaan nya "wait your device" ampe 2 jam lebih begitu mulu bacaan nya.. itu kenapa ya ??

      Hapus
    2. Klik fil "run.bat" [tanpa tanda petik]...caranya gimana?

      Hapus
  3. mungkin ada stepnya yg salah atau baterai nya low. aku jg pemula,jadi gak gitu paham. coba kamu tanya di sini http://www.facebook.com/groups/eltiga/doc/245727295529705/

    BalasHapus
  4. pernah tau cara upgrade LG optimus L3 jadi ke ICS ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah belum tau saya, saya beginner jadi baru tau cara ngeroot aja. coba tanya aja di group fb atau di kaskus

      Hapus
    2. Saya kebetulan sudah beberapa kali mengupgrade HP android dan Tablet Android. Untuk informasinya bisa di cari forum XDA.

      Hapus
  5. haiiii...
    salam kenal, mw tanya donkz. lg opttimus L3 menurut kamu bagus ga?? Qu lagi bingung nech mau beli gyoung lagi atau L3 (gyoung yg dulu ilang). kira-kira menurut kamu bagusan mana L3 sama gyoung (Qu sech cukup puas sama gyoung). terus kameranya lebih bagus mana??

    oiy kalo nyari memori yang lega ada Acer Liquid Z110 udah 4GB dan udah ICS juga, makin galau >_<

    BalasHapus
    Balasan
    1. klw menurut w gyoung itu produk gagal,, mding LG L3 E400.. menurut w,, tapi terserah dah mau yang mane.....coba deh lihat di forum samsung,,,

      .

      Hapus
  6. antara gyoung n eltiga, spesifiksinya gak gitu beda. cuma bedanya gyoung kamera 2mp, eltiga 3mp. memori sistemnya sama2 kecil,tp kalo eltiga ada memori internal 1gb, kalo eltiga nya dah diroot, memori yg di sistem bisa dipindah semua ke internal. kalo gyoung, mindahnya ke sdcard soalnya gak ada memori internalnya. kalo acer liquid aq gak paham. coba cari2 info di situshp.com

    BalasHapus
  7. Makasih ya udah berbagi infonya, sangat berguna sekali...

    BalasHapus
  8. sama-sama...senang bisa berbagi info yg bermanfaat bagi yang lain

    BalasHapus
  9. maaf saya mau nanya nih .
    kok hp saya tiba" ngerestart trus pas di idupin lgi Go Launcher Ex saya ilang , trus hp saya ga ada sinyal nya , ada yang tau knp ??

    mohon bantuannya ya :/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi karena "modifikasi" software atau ada penyebab lainnya. Solusi secara software adalah dengan mem-flash ulang HP Agan. Ada beberapa metode flash ulang HP. Bisa dicari di google atau di forum XDA.

      Hapus
  10. makasih banyak nih tipsnya, LG L3 saya sudah plong lagi...

    BalasHapus
  11. ario: aku gak begitu paham penyebabnya apa. tapi menurutku, go launcher nya di uninstall aja karena bikin berat.
    farhan: sama-sama...sekarang lega, tar beberapa waktu lagi karena instal2 ini itu jadi penuh lagi. aku sekarang gitu dan masih bingung mesti diapain lagi, he...

    BalasHapus
  12. udah bisa kok , aku reset data pabrik soalnya .
    udh terlanjur skrg hp ku udh bener :)

    BalasHapus
  13. klo berhasilkan akan muncul aplikasi superuser yang gambarnya robot ijo, kl gagal gimana??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau root, jika gagal kemungkinan rusaknya HP secara hardware sangat kecil sekali. Mungkin yang paling maksimalnya sih, HP bisa jadi bootloop, tapi sejauh yang saya alami dan saya ketahui, belum pernah ada yang bootloop karena di-root. Kalau diflash ulang, iya.

      Hapus
    2. Cross a3-t ku habis di root langsung bootloop gan? Taugak cara menanggulanginya?

      Hapus
  14. ario high: asiiik hp nya dah bener :)
    fifi masitha: kalo gagal gak muncul robot ijonya
    abel: u r welcome :)

    BalasHapus
  15. Klo bwt galaxy pocket gmn gan. .kan galpock pnya 3 memori jg . .sistem ,intrnal n external

    BalasHapus
  16. kok pas di pencet run.bat ada tulisan adb not recognized in internal or external command,gimana ni

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau seperti itu, koneksi antara tools root dengan HH agan, bermasalah. Ini bisa jadi karena driver kurang terinstal dengan benar, atau bisa juga karena ada file-file tools root yang bermasalah (corrupt, terhapus, dll), atau bisa juga mungkin terblok oleh antivirus.

      Hapus
    2. makasih ya...udah bantu jawab beberapa pertanyaan yg aku gak ngerti. thnx for sharing

      Hapus
  17. punya ku udah bisa buat mindah tapi kok robot ijo gak ada yah, super user nya juga udah k install

    BalasHapus
  18. Thank you very much
    Akhirnya hpQ skr bsa di root.....!!!!!!!

    BalasHapus
  19. @maniest: hore!!! #ikutseneng
    @learning all: robot ijo itu ya super user, kalo dah ada super usernya berarti ya udah di root. aplikasi super user itu kan gambarnya robot ijo
    @akbar novel: maaf, aku kurang pahaam kalo kasusnya spt itu, coba tny aja di group eltika di fb
    @muhammad al badri: cara root galaxy pocket pastinya beda dengan eltiga, aku gak tau gimana kalo galaxy pocket krn aku blm pernah pake pocket. dulu aku pake galaxy young, dan cara root nya juga beda banget sama eltiga

    BalasHapus
  20. maksutnya robot ijo yg d atas bukan aplikasi nya

    BalasHapus
  21. @learning all: robot ijo yg dimana ya? aku malah gak ngerti

    BalasHapus
  22. klo buat lg optimus l5 tau gak cara rootingnya....

    BalasHapus
  23. Biar kosong sampe 50MB tapi permanen bisa ga ya?

    BalasHapus
  24. Seandainya ne gan ,klo root na sukses .
    nah otmatis memori sistem brtambah & aplikasinya dah bsa di pndah dri mmori sistem k internal kan ???
    Ap aplikasi yang bru kta download, bsa langsung pndah k mmori. ekternal tnpa di pndah kan ....
    Trima ksih

    BalasHapus
  25. @farhan: kalo permanen ya gak bisa..kan setiap aplikasi aktif mengurangi memori internal. tapi data tiap aplikasinya bisa dihapusin, buka pengaturan-->aplikasi-->kelola aplikasi-->pilih aplikasi yang datanya mau didelete-->tap "bersihakan data". kalo memori internalnya dah penuh, cara ini bisa utk sedikit melegakan memori internal

    BalasHapus
  26. @joko purnama: aplikasi yg baru didownload akan tersimpan di memori sistem, tapi setelah terinstal bisa kita pindah ke internal, buka aplikasi intal manager-->tap "batch move"-->pilih aplikasi yang akan dipindah ke internal-->tap"tanda panah"

    BalasHapus
  27. mau tanya dong pake l3 berarti cara ngeroot nya agak ribet ya ? berarti klo instal go launcher bikin lemot gitu?

    BalasHapus
  28. @mariani sartika: pake L3 E400 menurutku cara ngerootnya simple kok...ikuti step2 di atas aja. menurutku pake go launcher agak bikin lemot,tp kalo suka theme yg unyu2 ya pake aja gak papa. tapi aku mending pilih gak pake :)

    BalasHapus
  29. Ko punyaku gak bisa di install ya PC Suite Nya,,apakah ya masalahnya???

    BalasHapus
  30. @waraz: mungkin filenya blm lengkap,blm selese proses downloadnya. coba ulang lagi download pc suite nya.

    BalasHapus
  31. makasih pencerahannya sis..
    akhirnya eltiga saya sudah rooted " ada robot ijo nya "
    hehehe :)

    BalasHapus
  32. syukron katsiron ukhti...my eltiga has been rooted :D

    BalasHapus
  33. @anonim: kembali kasih :)
    @nugroho: 'afwan :D

    BalasHapus
  34. kok afwan? ga salah apa apa kok kekeke

    BalasHapus
  35. @nugroho: http://pluslerainbow.wordpress.com/2009/07/17/filosofi-syukron-afwan/ .eh lah kok jadi bahas syukron 'n afwan ya...

    BalasHapus
  36. Hape saya udah di Root, udah keluar tu Robot Ijo superusernya, tp beberapa aplikasi seperti contohnya Camera360 atau WhatsApp tetep gak bisa di pindah ke memori Internal ya? kira2 kenapa...?

    BalasHapus
  37. Alhamdullilah... setelah saya baca lagi dari atas, gue baru ngeh. ternyata harus pake aplikasi "Insall Manager" pantes aja udah 3 bulan lebih udah di Root tp gak bisa di Pindah. thanks... :)

    BalasHapus
  38. @hasan husein: u r welcome :) iya mindahnya pake "install manager"

    BalasHapus
  39. misi..
    numpang nanya bahan root dan USB driver nya dah di download dan file root nya dah di ekstrak trus instal USB driver nya gimana .. pas di double klik muncul tulisan "do you want to blablabla...
    mohon pencerahan nya...

    BalasHapus
  40. @rubik akatsuki: nginstal usb driver nya sama kaya nginstal2 yg lain kok, cuma diklik aja

    BalasHapus
  41. ko saya ga bsa download yg no 2 yah ?

    BalasHapus
  42. robot ijonya munvulnya d hp nya apa d pc?

    BalasHapus
  43. Kalo udah di download file root sama usb drivernya di taro dimana? di hpnya ato di mana aja?

    BalasHapus
  44. @thalhah: harusnya bisa didownload, itu USB drivernya kan lebih dari 70MB jadi usahakan, pas download USB driver, internetnya mesti stabil dan kecepetannya tinggi jadi gak putus pas lagi download. robot ijo munculnya di hp donk
    @rizqullah leza: disave dan dibukanya di pc bukan di hp

    BalasHapus
  45. alhamdulillah..
    akhir ny bsa jga d root..
    thank's atas infonya....

    BalasHapus
  46. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  47. alhamdulillah..
    akhir ny bsa jga d root..
    thank's atas infonya....

    BalasHapus
  48. ane dah ikutin petunjuk diatas semua, tapi ko robot ijonya gak muncul ya???
    mohon pencerahannya donk,,,

    BalasHapus
  49. @lingga akatsuki: u r welcome :D
    @ahmad affandi: sama-sama :)
    @teknik mesin: kalo gak muncul berarti belum berhasil proses root nya. ada step2nya yang kelewat mungkin, coba diulang lagi...yang lain pada berhasil kok kalo ngikutin step2nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. okey thanks, ane dah berhasil ngroot,,,
      untuk instal manager, nginstalnya di pc ato di hp ya?

      Hapus
  50. @teknik mesin: instal manager terinstal di hp. cari aja di playstore

    BalasHapus
  51. okey thanks ya atas semua infonya,alhamdulillah semuanya udah beres,
    oiya, kalo untuk aplikasi bawaan hp bisa gak dipindahin ke eksternal ?
    kalo mank bisa, bagaimana caranya ?
    sorry nih kalo banyak nanya,,,
    :)

    BalasHapus
  52. cara pindahinnya gmna? udh download instal manager??

    BalasHapus
  53. @teknik mesin: aku kurang tau bisa gak aplikasi bawaan dipindah ke eksternal. coba tanya di group ini http://www.facebook.com/groups/eltiga/
    @jhoe raharjo: nyalakan dulu usb debuggingnya,sambungkan hp dg pc-->pengaturan-->aplikasi-->pengembangan-->centang "perunutan usb". kalo udah aktif usb debuggingnya, baru buka instal manager-->batch move-->centang yang mau dipindah-->pencet gambar "anak panah"

    BalasHapus
  54. okey, thanks ya atas semua infonya, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  55. lho aku sudah buka file run di root tool, mencoba di proses eh hape jadi ngerestart. ini kenapa? :((

    BalasHapus
  56. aku mau nanya~ eltiga ga bisa ganti font yah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak bisa mas kecuali pake Go Launcher itu juga ga ke systemnya..

      Hapus
  57. THANXX BANGET YAAA... AKHIRNYA KETEMU JUGA PC SUITE TUK LG.
    :) :) :)

    BalasHapus
  58. @jojo: u r welcome
    @zazadizaa: aku kurang tau, tapi kayaknya bisa dech. dulu aku pernah coba tapi lupa gimana caranya.
    @rinto sihombing: u r welcome
    @haifa azhari: diulang coba step2nya...kalo stepnya bener insyaAlloh jadi kok
    @teknik mesin: u r welcome

    BalasHapus
  59. mlm, mau nanya.. aku baru pertama kali nih pakai androit, biasa pake BB hehe..
    aku bermasalah sama instal font di LG L3 say, udh berkali2 coba download, tp ga perfect brubah. ada yg ga bs sama skali malah, skalinya ada yg bsa dipakai di go sms pro, tp cm luar messagenya aja yg fontnya brubah, klo masuk ke isi messagenya, fontnya standart lg :(
    minta tolong di shared nama aplikasi font yg compatible yah sm LG L3, karna udh 5 aplikasi fnt aku instal ga prnh bs..
    sama klo bs caranya, hehe..
    mksh sbelumnya say :)

    BalasHapus
  60. makasih banget buat infonya. bermanfaat banget :)

    BalasHapus
  61. Mbak yg punya ku bukan E400 tapi l3 E405, sama aja atau beda ya caranya?
    Saya cari drivernya gk ada yg 405 :( pake yg E400 bisa gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya.... bener... pnya ku jg L3 E405. aku kira sama aja cara ngerootnya... tp kok ak udah ngikutin per stepnya tetep aja gagal trs... tp bs di pindah k internal cm gak kluar superusernya... jd kl mau donlot2 app lg gak bs di pindah k internal lg.. itu gmn ya?? mohon bntuan pencerahannya... thanks before

      Hapus
    2. saran saya cari komunitas atau forum pengguna LG L3 E405 di fb or kaskus, tanyakan di forum tsb pada para mastah :)

      Hapus
    3. Untuk root yang LG L3 E405, coba gunakan superoneclick 1.7. Cara root dan file yang dibutuhkan, bisa didapatkan di google. atau coba browsing tutorial video root LG L3 E405 by POJOK. Thanks.

      Hapus
  62. alhamdulillah terima kasih banyak mba atas ilmunya..benar2 bermanfaat..sy berhasil dg tutorial dari mb...

    BalasHapus
  63. tQyu buat infonya....
    sangat membantu buat yg bru knal l3..
    keke

    BalasHapus
  64. Terimakasih sekaliiii ya mba ini yg aku cari cari selama ini :D
    Makasiiiiiiiiiih banget :)
    Salam EL3 :X

    BalasHapus
  65. @irfan rawkskin: sama2...salam eltiga ^_^
    @anonim: u r welcome
    @siti sholihat: alhamdulillah...seneng dech bisa bantu
    @nurkahfi n citra armadini: sepertinya kalo type hp nya beda, bahan2 yg buat ngeroot jg beda.
    @my inspiration: terimakasih kembali...
    @yoland irnawan: maaf, saya blm tau kalo gmn ganti font di eltiga
    @all: maap responnya lambat

    BalasHapus
  66. mbak bisa gak LG L3 di upgrade ke Ice Cream Sandwich?

    BalasHapus
  67. @carlos manalu: bisa tp aku blm coba, baca disini http://sellywijayanti.blogspot.com/2012/10/upgrade-ics-for-lg-l3.html

    BalasHapus
  68. malam mbak,saya udah coba download lg pc suitenya,tapi kok filenya gak bisa dibuka ya? jenis filenya jg aneh. udah 2x saya download tetep hasilnya sama,mohon pencerahan mbak,makasih.

    BalasHapus
  69. anonim: kalo gak bisa dibuka berarti downloadnya blm selesai jd filenya gak utuh.coba download lagi pas akses internetnya lagi stabil n cepet

    BalasHapus
  70. itu aplikasi root tool nya khusus buat E400 ya? aku coba di E405 gagal mulu. mohon pencerahannya. trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk root LG L3 E405, bisa menggunakan superoneclick 1.7, tutorial videonya bisa dicari di google atau youtbe dengan keyword root lg l3 e405. Mudah-mudahan membantu.

      Hapus
  71. @dimas ari prasetya: iya,kayaknya beda2 tiap hape
    @anonim: u r welcome

    BalasHapus
  72. kan waktu itu udah di root and mw di root lagi kok ga bisa?
    udah di unroot

    BalasHapus
  73. numpang tanyak , kalau cara memindahkan ke eksternal bisa apa ga ? makasih

    BalasHapus
  74. mau tanya dong... root tool sama USB drivernya itu di donloadnya dr andro apa PC ??? d jawab yah... masih takut nih buat ngeroot ..

    -ssii-

    BalasHapus
  75. aku baru nih pake lg.. aku mau nge root tapi aku masih takut cz aku newbie kak :'( gmn tuh mnurut kkak. bales ya kak :)

    BalasHapus
  76. Slm kenal..
    Hp. L3 ini muat brp mem0ry giga ya? 8 giga bikin lemot gag?

    BalasHapus
  77. @puput: kalo memory internelnya cuma 1gb,kalo eksternalnya kayaknya bisa sampe 32gb. lemotnya karena terlalu banyak aplikasi
    @cezi intan sari: gak papa di root aja, gak knp2 kok kalo udah diroot, malah jadi bisa instal aplikasi2 tertentu yg hny bisa diinstal di hp yg udah diroot
    @anonim: root tool n usb drivernya diinstal di pc aja
    @anonim: mindahin ke eksternal bisa, tp aku blm tau caranya. coba tnya di kaskus or grup L3 di fb
    @anonim: harusnya bisa kalo mau diroot lagi

    BalasHapus
  78. Wah..
    Manggilnya mbak apa dek ya?

    Trims tipsnya. memory udah full bikin stress. sama-sama LG
    Smg berhasil

    BalasHapus
  79. Wah Salut Mbak/Dek..
    Komentatornya hampir 100 0rang
    itu artinya banyak orangyang punya LG E400 dan pengen di rooting androidnya

    BalasHapus
  80. @miftahudin: mbak boleh dek boleh... :) salam LG
    @keluarga sehat: iya..banyak newbie yg memilih LG L3 E400, harganya terjangkau,tp sayang memori sistemnya kecil, makanya perlu diroot biar bisa mindahin aplikasi ke memori internal

    BalasHapus
  81. mbak, kok pas saya ikuti cara" diatas, tapi aplikasi superusernya gak terinstall di hp saya. trus saya cari" malah aplikasi superusernya ada di file root tool itu sendiri dan belum diinstall masih .apk . bagaimana ini mbak?

    BalasHapus
  82. @anonim: super user itu otomatis muncul kalo hp udah berhasil di root. jadi gak perlu instal dari file apk yg ada di root tool.

    BalasHapus
  83. di ekstrak file maksudnya apa ya? hp saya juga eltiga, tapi aku yg dual sim. kira-kira bisa gak?

    BalasHapus
  84. Terima kasih telah berbagi dan mengizinkan komentar ini dimuat. Saya tertarik dengan posisi blog ini yang masuk 10 teratas. Sukses ya.

    BalasHapus
  85. @amalia: diekstrak itu gimana ya, bingung njelasinya...gampangnya gini, diekstrak itu dikeluarin dari file yg bentuknya zip atau rar.
    @pojok android: makasih kunjungannya ya...keep blogging :)

    BalasHapus
  86. kok pas run bat , enter untuk continue , hape tiba2 mati , kenapa yaa ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. baca komen rea reo di bawah, iya mungkin lagi reboot.

      Hapus
  87. nani@ mungkin itu lgi proses reboot kan klo ditunggu kan sapai ponselnx mati sendri salma 5 menit gak ada aja udh bisa root
    buat annisa@ makash yah aqw udh nybk dan berhasil , pertamanx emang rada sush dan ghak negrti gmna caranx ekstrak ohh ternyata setlh diestrak ada folder bru dan aqw bukak setelh instl lg pc cuite ,aqw buka file run yg sudh diekstrak dan aqw tunggu terus pertmanx aqw kaget hpqw tiba2 mati , tpi ternyata pas aqw liat ternyata itu proses rootnx dan setlh udah nyala ,, aqw liat dengan penuh rasa penasran ,,, heheh,, muncul robot ijonx,,,hahah akhirnx setlh berjuang ckup lama ,,,,,
    tpi aqw pakek link2sd buat mindah aplikasinx ke internal yg 1 GB ,,, makash semoga tetep bisa memberikan info yg bermanfaaat ,, amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah...syukur dech kalo postingannya bisa bantu temen2 yang pengen nge-root. smg bermanfaat buat smua. thnx for visiting my blog :)

      Hapus
  88. gimna mengekstarknya. maaf awam, mhn bantuannya.

    BalasHapus
  89. @hasan ubaidilah: filenya diklik kanan di pc trus klik extract. di pc udah ada zip nya blm? nek blm instal dulu

    BalasHapus
  90. bantuin gw gimana sih gk ke root terus mohon bantuanya

    BalasHapus
  91. kalo kurang paham ikuti step2 di blog ini,coba buka di sini http://www.facebook.com/groups/eltiga/doc/329379407164493/
    gabung aja ke grup http://www.facebook.com/groups/eltiga/

    BalasHapus
  92. ni gimana ya,,, kok semua proses tulisanya failed,, tlng bantuanya kakak!!

    BalasHapus
  93. cara ngeroot e400 sama e435 dual,, berbeda gk yah ?

    BalasHapus
  94. Denger-denger Root itu illegal.. Tapi Klo Hpnya kayak gitu sih patut di root. Siapa yang setujuu?? :D
    Aku juga pas beli dibilangin memorinya 1 Gigaaaa.. Wah, ya aku mau deh tuh... Ehhh.. Ternyara sebesar apapun kapasitas memori internal dan eksternal, percuma klo memori sistemnya kicil..
    Hp aku ini karena memori sistemnya full, jadi gak bisa SMS, twitteran, fban, dll karena sering berhenti tak terduga. Klo gitu mendingan Hp 200 rebuan. -_- karena hp itu dibikin sebagai alat komunikasi.

    Makasih banget infonya ya :D

    BalasHapus
  95. Terimakasih kakaakk.. Sangat membantu
    Oh iya, untuk semua yang membaca, Mohon Maaf Lahir dan batin. Tolong maafin kesalahan yang disengaja/tidak. Yang diketahui/tidak. Maafin klo bohong kecil, bohong besar, lupa janji, ingkar janji, berkhianat, munafik, jahat, salah ngomong, dll. Maaf ya.. makasihh -aku & keluarga-

    BalasHapus
  96. thaks banget kak infonya :D
    sukses selalu

    BalasHapus
  97. sorry baru gabung,hp LG L3 saya sudah berhasil di ROOT,trus saya juga sudah download ISNTAL MANAGER nya,tapi g semua bisa di pindahkan,apa harus yang apa harus yang "PRO" aplikasi install manager nya?"mohon penceraha"

    BalasHapus
  98. ko saya gx bisa downlod yg LG PC suite pas udh 99.99 brhnti dan error itu gmna yh
    mnta sarannya

    BalasHapus
  99. punya ane kok gak bisa di root ya knpa? udah tk tnggu lma tapi gk restat juga.
    mohon bantuannya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin ada yg salah gan caranya ane juga baru mau nyoba nih hari ini

      Hapus
  100. makasiih banyak caranya berhasil :)

    BalasHapus
  101. Kalo mau di Reset data pabrik semua aplikasi yg udah diinstal jadi ilang apa kaga! Mohon jawabannya

    BalasHapus
  102. Tanda Kalo Sudah di Root ituu apa??

    BalasHapus
  103. Tambah kalo di CMDnya itu kalo sudah selesai gmana??

    BalasHapus
  104. Saya pernah root nieh lg dan berhasil..tpi tiba2 saya g bisa lgi mindahin aplikasiny..mohon blsanny..mksh

    BalasHapus
  105. koq aq gak bisa ya ?? pc suite nya di otak atik gak sih say ??

    BalasHapus
  106. From Saepudin Saepudin:
    Thanks Mbak Annisa. Jurusmu memang ampuh.

    BalasHapus
  107. Maaf mau tny, aku udah sampe step pindahin dari memori sistem ke internal, tapi stiap mau dipindahin hpnya malah ngerestart sendiri, selalu begitu. itu knp ya? Mohon infonya. Makasih :)

    BalasHapus
  108. mbak mau nanya dong, ini kan saya udah download sesuai petunjuk mbak dan udah ngikutin stepnya juga. tapi kenapa masih belum bisa ke root ya?

    BalasHapus
  109. thanks ya mbak,atas sarannya...uda q cba berhasil
    sx lg trima kasih atas infrmasinya

    BalasHapus
  110. TERIMA KASIH ATAS ROBOT IJO-NYA

    BalasHapus
  111. klu g pkek pc suite n hax pkek lg unitedmobile drive apkah bsa...coz pc suitex gde 205 mb...??

    gmn pncerahanx moga bermnfaat n dp phla buat sysx...

    BalasHapus
  112. thx gan, hp ane udah berhasil di root

    klo cra upgrade dari 2.3.6 jadi 4.1 tau caranya gg gan??

    BalasHapus
  113. gan... saya ikutin petunjuk gan step by step.. tpi kok gak jlan ya... kebanyakan error gtu... kno ya....

    BalasHapus
  114. gan..kalo rootnya pake odin bisa nggak??soalny ane kmarin ad galmin 2 pumya ane root pake odin..trus temen mnta hh lge400 ny diupgrade..kan kudu root dulu..

    BalasHapus
  115. cari aplikasi "instal manager" itu lewat hp atau pc?

    BalasHapus
  116. kak anis aku mau tanya, udah coba runbat, ada tulisan "rooting complete" gitu, tapi HP ga ada lambang superuser warna hijau. Kira kira apa yang salah ya ka? makasih sebelumnya :D

    BalasHapus
  117. itu nge-root memory sistem ke internalnya ya gan ?
    kalo nge-root dari internal ke SD gimana ya ?

    BalasHapus
  118. kak kok aplikasi install manager d play store g ada ya

    BalasHapus
  119. Dah punya hp android...buat main game aja...

    BalasHapus
  120. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  121. makasih infonya mbak bermanfaat banget jangan lupa mampir dan follow back blog saya:ciliteng.blogspot.com

    BalasHapus