Selasa, 01 Februari 2011

Chocolate Cheese Strawberry Sweet "Martabak"

Hhhmm...baca judulnya kok panjang bener ya...makanan apa tho sebenernya. Yak, liat aja kata yang ada di dalam tanda petik dua, M A R T A B A K (ooooo....martabak....). Tadi siang jelang sore, iseng-iseng berbekal resep yang kudapat dari hasil googling dan bermodal bahan-bahan sisaan bikin pancake kemaren, kucoba juga resep martabak manis. Pokoknya rasanya kalah deh sama martabak legit (lho...apa gak salah tuch?? bukannya harusnya pokoknya rasanya gak kalah deh sama martabak legit). Enggak, gak salah kok...martabak manis yang barusan aku bikin rasanya jauuuuhhh dibanding sama martabak legit...malah setelah mateng rasanya lebih mirip sama kue kamir (lho...kok bisa???). Maklum martabak perdana. Tapi gak ada salahnya berbagi cerita dan berbagi resep. Untuk resepnya si udah bener, cuman karena dirumah gak ada timbangan jadi cuma pake feeling aja tuh nimbangnya. Itulah yang bikin rasanya lebih mirip kue kamir. Oya, mungkin ada yang belum ngerti martabak legit, martabak legit itu merek martabak yang paling enak di purwokerto (menurutku sich...).


Nah, yang mau coba praktek bikin martabak di dapur sendiri, ini nih bahan-bahannya:
1.   Tepung terigu
2.   Telur ayam
3.   Susu kental manis rasa coklat dan vanila
4.   Margarin
5.   Keju chedar
6.   Strawberry blok
7.   Meisis
8.   Fermipan
9.   Baking powder
10. Vanili
11. Air
Untuk ukuran or takaran bahan-bahannya, berapa takaran yang seharusnya silakan googling sendiri ya..., atau pakai feeling aja. Kalo pemula aku saranin jangan pake feeling, kalo pake feeling dijamin hasilnya kaya punya aku yang rasanya lebih mirip kue kamir, hehehe...
Eh, itu foto bahan-bahan di atas kan ada gambar HP nya...HP nya jangan dimasukin jadi adonan ya...numpang nampang aja tuh si HP.
Cara bikinnya gampang kok:
  1. Campur bahan-bahan (tepung, telur, fermipan, baking powder, vanili, air, susu kental manis rasa vanila).
  2. Diamkan campuran adonan selama 1 jam
  3. Sambil nunggu adonan yang didiemin 1 jam, siapkan tempat untuk memasak. Harusnya ada wajan khusus untuk mbikin martabak manis. Karena di rumah gak ada wajan khusus untuk martabak, teflon pun jadi. Tapi kalo pake teflon pinggir-pinggiran martabak yang udah mateng gak mirip sama yang pake wajan khusus, malah bentuknya lebih mirip kue kamir raksasa.
  4. Trus teflon yang mau buat masak diolesin margarin.
  5. Nah kalo adonan udah didiemin satu jam dan teflon udah siap, tuang adonan ke dalam teflon. Masak dengan api yang sangat kecil (biar nggak cepet gosong) hingga matang.
  6. Kalo udah matang, angkat martabak, olesi atas martabak dengan margarin. tambahkan susu coklat di atasnya, tambahkan juga pelengkap sesuka kamu. Untuk pelengkap aku tambahkan coklat meisis, keju parut dan strawberry blok yang diparut. Kalo mau dikombinasiin sama pisang atau kacang boleh aja, suka-suka kamu.
  7. Setelah pelengkap ditambahkan, martabak yang kuberi judul "chocolate cheese strawberry sweet martabak"Siap dihidangkan. Oya, aturan martabak yang sesungguhya, martabak dipotong jadi dua trus di tumpuk baru dipotong kecil-kecil. Tapi berhubung ini bukan martabak sesungguhnya (tapi martabak jadi-jadian), jadi gak aku tumpuk. Setelah ditambah pelengkap langsung dipotong kecil-kecil dan dimakan rame-rame.

Berhubung di rumah cuma berdua, dan gak mungkin martabak segedhe itu kuhabiskan berdua dengan mamahku, sepupu-sepupuku dan adek-adek TPA kulah yang jadi korban. Kupotong-potong dan kubagikan ke mereka. Sebelum mereka kukasih, satu pesanku "inget, dimaem ya...jangan dibuang". Takutnya mereka gak doyan terus dibuang, kan mubadzir. Oya, tadi ada anak yang aku kasih walopun udah aku bilang "mba punya martabak nih...kalian mau??"...lah kok dia masih nanya "mba, ini apa sih mba??". Waduh jan ini bocah, udah jelas-jelas aku bilang martabak. Tapi emang sih, bentuknya cuma agak sedikit mirip dengan martabak jadi pantes aja dia nanya gitu. But, it's okey, next time i'll cook more delicious "sweet martabak". Yang mau pesen martabak ke aku boleh, silakan kirim email aja ke himmah_aliyah86@yahoo.co.id. Ditunggu ya...(ih...pede banget nerima pesanan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar